Thursday, April 27, 2017

Demi Kesehatanmu Makanan Panas jangan dibungkus dengan Plastik! Ini Alasannya!

Berbagai jenis benda berbahan plastik memang telah menjadi salah satu kebutuhan di dalam kehidupan kita sehari-hari. Hal ini dapat terlihat di sekitar kita, pastinya berbagai benda plastik selalu anda temukan di mana saja baik di rumah ataupun di tempat kerja. Bahkan saat ini, banyak sekali penjual makanan yang menggunakan plastik untuk membungkus makanan dagangannya, baik makanan dingin ataupu makanan panas.

Namun tahukah anda, ternyata makanan yang dibungkus dengan plastik dapat berakibat buruk bagi kesehatan, terutama untuk jenis makanan panas seperti sayur, baso, mie ayam dan makanan panas lainnya. Maka dari itu, sebaiknya anda menghindari membungkus makanan panas dengan menggunakan wadah plastik ataupun bungkus plastik. Hal ini dikarenakan, plastik di buat dari bahan minyak bumi dan bahan kimia lainnya, sehingga jika wadah atau bungkus plastik tersebut dipanaskan dapat melepaskan semua bahan kimia dan tercampur pada makanan.

Untuk mengetahui bahaya mengkonsumsi makanan panas yang dibungkus dengan plastik, simak informasinya berikut ini.

  • Dapat berakibat buruk bagi kesehatan janin di dalam kandungan, terlebih lagi terhadap gangguan sistem perkembangbiakan pada kaum pria dan juga dapat memicu kanker testis (buah zakar).
  • Bahan kimia Phthalate terbukti dapat menyebabkan terganggunya pembentukan hormon reproduksi pada kaum pria. Maka, jika hal ini terjadi dapat menyebabkan terjadinya penurunan kelelakian dan juga kesuburan pada pria yang dapat berujung pada kemandulan. Hal ini dikarenakan, jumlah dan kualitas sperma menjadi menurun drastis.
  • Menurut dari hasil penelitian yang dilakukan pada seekor tikus, ternyata kandungan kimia  dari plastik dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada organ-organ penting di dalam tubuh seperti organ paru-paru, ginjal, hati dan juga sistem reproduksi pria atau wanita.
  • Kandungan kimia Bisphenol-A (BPA) telah diketahui sangat berbahaya yang dapat memicu kanker lebih cepat, karena efek dari bahan kimia ini hampir sama dengan hormon estrogen, merupakan salah satu jenis kanker yang disebabkan oleh paparan Bisphenol-A (BPA) yaitu kanker payudara. Selain itu, bahan kimia BPS juga diyakini dapat menyebabkan terjadinya gangguan terhadap perkembangan dan pembentukan otak pada janin.
  • Sangat penting untuk anda ketahui, janin, bayi dan juga anak adalah usia yang sangat rentan terkena efek dari bahan kimia yang terdapat pada bahan plastik yang terkena panas dari makanan. Hal ini dikarenakan dapat mengganggu pertumbuhan dan juga perkembangan di masanya, sehingga tumbuh kembang anak tidak akan maksimal.

Maka dari itu, sebaiknya mulai dari sekarang hindari membungkus atau menyimpan makanan panas menggunakan wadah atau bungkus plastik. Untuk solusinya, sebaiknya anda menggunakan wadah dari bahan kaca atau keramik sebagai tempat makanan anda. Meskipun hal ini dapat menyulitkan anda, namun hal ini tentunya demi kesehatan anda sendiri dan juga keluarga.


Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan sampai jumpa.